a.Apa itu berorientasi object
Berorientasi Object
merupakan paradigma baru dalam rekayasa perangkat lunak yang memandang sistem
sebagai kumpulan object-object diskrit yang saling berorientasi satu sama lain.
2Dalam pembuatan software diperlukan :
-
Design
-
Framework
b.
Software Engineering :
-
Modelling Activity à aktifitas memodelkan suatu masalah
-
Problem Solving Activity à mencari suatu solusi
-
Knowledge Acquisition Activity à sebagai penggalian
knowledge
-
Rational Divine
c.
Apa itu Object
-
Pada paradigma berorientasi object, setiap object
mempunyai dua pengenal yaitu informasi tentang object itu dan perilaku yang
mengaturnya.
-
Object memiliki 2 pengenal yaitu :
o Data / perilaku yang
mengaturnya
o Informasi
d. Berorientasi Object
Cara pikir
untuk membuat perangkat lunak, bukan algoritma yang diterapkan pada bahasa
beorientasi object
e. Konsep
Berorientasi Object :
1.
Abstraksi / Model
2.
Pewarisan
Contoh seperti dibawah
:
3. Pengkapsulan
Pengkapsulan :
memisahkan aspek-aspek eksternal object yang dapat diakses object-object lain
dari rincian implementasi object itu sendiri.
4.
Pengiriman Pesan
-
Object dalam sistem bekerjasama dengan cara mengirimkan
pesan dari satu object ke object lainnya
-
Message parsing : object method memanggil method lain
5.
Asosoasi
-
Teman dari object
-
Tanpa asosiasi pesan tak terkirim
Contoh :
Class Flogin
extends jframe{
Private Login ();
}
6.
Agregasi
-
Bentuk yang lebih kuat dari asosiasi
-
“ Sebuah sistem terdiri dari … ”
Itulah
agregasi ( harus ada )
Contoh :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar